Senin, 23 Februari 2009

Manggar dan Gantong

Struktur dan pola ruang Belitong Timur cenderung mengalami perubahan dengan ditetapkannya Manggar sebagai ibukota kabupaten. Jarak Manggar ke ibukota kecamatan terdekat, Gantong, paling jauh 20 kilometer. Desa atau dusun yang dilewati sepanjang jalan raya yang menghubungkan kedua kota tersebut saat ini sudah hampir tersambung satu dengan lainnya. Desa Selinsing, sebagai desa di pertengahan, menjadi strategis dan semakin berdaya.

Warga Selinsing, Manggar, atau Gantong, sangat paham dengan nilai tanah di sepanjang jalan raya yang kian ramai dilalui orang tersebut. Fungsi lahan berubah cepat. Kawasan-kawasan permukiman baru mulai tumbuh dengan karakter ribbon development. Tidak ada pengaturan pemanfaatan ruang (zoning regulation) di kawasan-kawasan tersebut. Memang, tidak ada rencana tata ruang operasional yang akan menjadi pedoman untuk mengendalikan pertumbuhan kawasan. Atau, apakah ruas Manggar-Gantong akan dikembangkan hanya sebagai daerah permukiman? Tidak ada jawaban pasti.

Dengan demikian, fungsi Manggar sebagai ibukota kabupaten juga menentukan perkembangan kota-kota lain di Belitong Timur, khususnya Gantong sebagai kota terdekat. Apa pengaruh Manggar terhadap Gantong sesungguhnya secara spasial dan ekonomi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar